Talent Baru
Pengen terjun ke dunia entertainment?
Khususnya jadi bintang iklan. Yuk, pelajari referensi singkat berikut ini ;)
Perlu diketahui untuk menjadi bintang iklan, mutlak
harus goodlooking & cameragenic. Tidak semua iklan
mencari talent yang memiliki body perfect dan
berwajah rupawan bahkan ada beberapa produk iklan tidak mau talent yang
"berkelas", yang berbody rata-rata pun (hingga gendut) bisa jadi
bintang iklan. Silahkan baca referensinya disini dan disini
Dapatkan informasi casting dari sumber
yang jelas; sangat banyak info casting yang di share via media
social (seperti facebook & twitter),
walaupun informasinya (mungkin) benar namun tidak direkomendasikan datang
casting berdasarkan informasi media sosial tersebut karena ada kode etik atau
aturan main yang berlaku. Info detailnya bisa dibaca di artikel DISINI
Menjadi bagian salah satu manajemen atau
agency talent; pilih manajemen/agency talent yang
sekiranya dapat dipercaya berdasarkan referensi yang di dapat (misal: dari
kenalan yang sebelumnya sudah terjun di dunia entertainment atau sumber-sumber
lain). Hati-hati memilih manajemen/agency talent jangan sampai malah anda yang
"dikerjain" oleh manajemen/agency tersebut.
Manajemen/agency yang bonafit juga hati-hati memilih talent, tidak semua orang yang ingin terjun ke dunia entertainment (khususnya: iklan) mau ditampungnya karena menyangkut kredibilitas manajemen/agency tersebut. Manajemen/agency talent pasti ingin talent-talentnya layak "jual" semua, mereka ini jeli melihat siapa aja yang goodlooking & cameragenic. Untuk info detail silahkan baca artikelnya DISINI
Manajemen/agency yang bonafit juga hati-hati memilih talent, tidak semua orang yang ingin terjun ke dunia entertainment (khususnya: iklan) mau ditampungnya karena menyangkut kredibilitas manajemen/agency tersebut. Manajemen/agency talent pasti ingin talent-talentnya layak "jual" semua, mereka ini jeli melihat siapa aja yang goodlooking & cameragenic. Untuk info detail silahkan baca artikelnya DISINI
Mengenali karakter diri sendiri;
ikuti casting yang sesuai dengan karakternya. Jika (misal) ada castingan yang
mencari cowok rambut keriting, bagi kamu-kamu yang rambutnya lurus ato botak
gak perlu datang; walaupun mungkin tetap di casting oleh casternya (orang yang
bertugas meng-casting) namun file-nya tidak akan di present ke klien, akan
sia-sia aja khan buang-buang waktu. Beberapa caster sungkan untuk mengatakan
kalo karakternya tidak sesuai namun ada juga yang dengan tegas (bahkan dengan
"galak"-nya) menolak talent yang datang bahkan dengan kalimat yang
menyinggung perasaan. Artikelnya bisa baca DISINI
Gunakan costum & makeup yang
sesuai; gunakan costum berwarna soft atau
pastel, jangan gunakan warna-warna yang mencolok, atau yang terlalu banyak
motif. Gunakan juga makeup yang soft atau natural karena
casting iklan bukan ajang mencari siapa yang paling cakep tapi mencari siapa
yang paling sesuai karakternya dengan keinginan klien. Silahkan baca
artikelnya DISINI
Bisa acting;
tidak harus benar-benar menguasai, bisa mengekspresikan dengan natural wajah
sedih, senang, kaget dan kagum lebih dari cukup. Ekspresi yang berlebihan
(seperti sinetron) malah tidak disukai karena pada prinsipnya iklan ingin
mempersepsikan apa yang ditawarkan merupakan kebutuhan hidup sehari-hari yang
tidak "dipaksakan". Ada beberapa iklan yang ingin menampilkan konsep
dramatisir namun hal tersebut pengecualian dan sangat jarang ada.
Menunggu kabar;
selesai casting tidak perlu sering-sering bertanya kepada manajemen/agency-nya karena jika lolos agency talent akan
mengabari talent-talentnya yang lolos namun terkadang beberapa caster yang
menghubungi talent langsung untuk mempercepat proses komunikasi.
Ada mekanisme atau tahapan mulai dari
casting hingga shooting yang secara garis besar sebagai berikut:
- Info casting (bersumber dari manajemen/agency talent)
- Ikut casting (sesuai karakter yang dicari)
- Muncul nominasi (hanya lolos nominasi saja yang dikabari)
- Workshop (gladi kotor shooting dan tes talent mana yang sekiranya sesuai dengan acting yang diinginkan)
- Fitting (memilih & mencocokkan costum yang akan digunakan saat shooting
- Final workshop & fitting (hanya talent yang lolos aja dari sekian orang talent yang sebelumnya ikut workshop)
- Shooting (proses pembuatan iklan)
- Pembayaran fee talent (jika job tersebut cash on location, kalo tidak cash maka memasukkan invoice dulu ke kantor ph-nya - oleh agency talent - dan menunggu fee-nya cair. Fee cair bisa 3 hari hingga 2 bulan :( tergantung kebijakan masing-masing ph).
Semoga artikel diatas bermanfaat kepada
orang-orang yang tertarik terjun ke dunia entertaiment khususnya
yang ingin jadi bintang iklan.
Talent Baru
Reviewed by Budi Dwija Putra
on
18.49
Rating:
Kontak person nya mana ya , trm ksh
BalasHapusKontak person siapa gan? Silahkan baca infonya @ www.casting.id
Hapus