Looks

Penampilan
Mungkin, looks bisa dipersepsikan (dalam hal ini) dengan aura. Ketika kita melihat seseorang maka akan muncul kesan tertentu, entah itu positif atau negatif. Persepsi setiap orang bisa berbeda-beda terhadap suatu objek, namun cenderung memiliki kesan yang sama.

Jika kita melihat dua orang pria berusia sama-sama 40 tahun dengan style yang berbeda, maka kita akan mudah menarik kesimpulan si X itu orang sukses, exmud, kelas atas dan si Y orang pekerja lapangan yang biasa-biasa aja. Bagaimana menilainya? Si X cenderung berpenampilan fresh dan cerah, wajah pun terpancar rasa bahagia, sedangkan si Y mungkin berpenampilan biasa, dengan wajah berkarakter (baca: keriput yang terlihat, hehe), jarang senyum dan tidak terlihat fresh. Walaupun kedua orang tersebut dipakaikan pakaian yang sama, tetap saja akan terlihat mana pria kelas atas dan mana yang kelas bawah.

Contoh lain, jika ada dua orang berusia 25 tahun yang satu lulusan perguruan tinggi sedangkan yang lain hanya lulusan SMA akan juga terlihat aura yang berbeda, entah itu karena cara berkomunikasi, berprilaku atau sebab lainnya. Dan cenderung bagi siapa pun yang melihat akan tau karakter masing-masing orang tersebut, walaupun mungkin ada perbedaan pendapat namun memiliki cara pandang yang cenderung sama.

Looks tidak selalu identik dengan ciri-ciri fisik talent, namun bisa diterjemahkan karakter yang akan diperankan oleh talent jika kelak lolos. Misal, dicari pria exmud (executive muda); maka jika ada dua orang pria dengan usia yang sama belum tentu keduanya (atau salah satunya) terlihat seperti exmud (seperti keterangan paragraf sebelumnya), bahkan mungkin keduanya kurang cocok untuk memerankan exmud. Bagaimana dengan usia? Dalam contoh diatas (exmud) jika tidak tertulis berapa usia yang dicari maka kita harus bisa membayangkan perkiraan usia ideal talent exmud (biasanya dalam rentang 25-35-an tahun) atau seperti terlihat usia 25-30 tahun.

Jika dicari karakter ibu muda atau first jobber, kita harus bisa membedakan ciri masing-masing karakter sebut walaupun secara fisik rentang usia kedua karakter tersebut sama namun akan terasa beda aura yang terlihat, apakah si talent lebih cocok sebagai first jobber ato ibu muda.

Ketika ada casting mencari usia 18 - 22 tahun, bukan berarti mutlak usia tersebut yang dicari, namun looks usia 18 - 22 tahun yang sebenarnya dicari atau dengan kata lain usia anak kuliahan. Walaupun usia talent 18 tahun dan saat casting ditolak dengan alasan tidak karakter itu lebih dikarenakan looks yg terlihat lebih muda (anak-anak) daripada seperti looks anak kuliahan.

Salah satu kunci sukses lolos casting adalah looks yang sesuai dengan karakter yang dicari.

Looks orang kaya didandai seperti gembel pun akan tetap terlihat seperti orang kaya, looks preman dipoles seperti apa pun tetep akan kelihatan aura premannya walaupun di makeup atau pun di buat senyum saat dicamera tetep aja keliatan. Sedangkan untuk anak-anak cukup banyak yang datang casting "diusir" dengan alasan karakter/usianya gak masuk padahal diinfo casting usia yang dicari tertulis sesuai dengan usia si talent, untuk ini akan dibahas di artikel selanjutnya :D
Looks Looks Reviewed by Budi Dwija Putra on 23.10 Rating: 5

Tidak ada komentar:

CASTING.ID. Diberdayakan oleh Blogger.