Kontrak dan Non Kontrak
Setiap shooting iklan ada yg kontrak, ada juga yang non
kontak, apa sih kelebihan & kekurangannya?
KONTRAK
Untuk iklan TVC, kontrak tidak menguntungkan apa-apa bagi
talent malah hanya menghambat talent yang bersangkutan mendapatkan job lain
yang secara tidak langsung (mungkin) berhubungan dengan produk yang pernah
dibintanginya, namun biasanya fee yang didapat lebih besar jika dibandingkan
dengan tidak dikontrak. Sedangkan utk job pemotretan, khususnya packaging,
kontrak MUTLAK dilakukan. Mengapa mutlak? Agar talent tidak terikat secara
tidak langsung seumur hidup. Misal: Packaging produk susu, jika tidak ada
kontrak talent bersangkutan akan sulit mendapatkan job susu lagi selamanya
kecuali susu merek yang masih sama.
Secara umum kontrak suatu job iklan terikat 1 - 3 tahun,
namun ada juga yang hanya 6 bulan. Serta ada beberapa produk kompetitor yang
secara tidak langsung berhubungan dilarang untuk dibintangi, misal: Susu, jika
ada kontrak maka (biasanya) iklan vitamin dan beberapa jenis makanan/minuman
dilarang untuk dibintangi, jika dilanggar konsekuensinya kena denda sesuai
dengan perjanjian kontrak, bahkan yang lebih buruk nama talent tersebut di
blacklist karena bertindak tidak etis sehingga akan kesulitan mendapat job
iklan lagi.
NON KONTRAK
Ideal untuk iklan TVC atau job pemotretan (fotoshoot) non
packaging, mengapa? Karena talent masih bisa ambil job iklan lain yang
substantif mirip bahkan kompetitor iklan yang pernah dibintanginya, misalnya:
iklan provider. Cukup banyak talent yang pernah dapat job iklan provider A
namun gak berapa lama dapet juga dari provider B. Atau, disaat bersamaan
mendapat dua job yang masih turunannya, misal iklan vitamin dan iklan susu,
sedangkan kalo ada kontrak hal tersebut mustahil dibolehkan mengambil kedua job
tersebut.
Namun, kekurangannya adalah (biasanya) fee yang dibayarkan
cukup murah, selain itu klien tidak mau jika ada talent yang pernah dapet iklan
kompetitor bahkan udah gak tayang bertahun-tahun.
Bagaimana jika ada tawaran pemotretan packaging namun tidak
ada kontak?
Sangat disarankan job tersebut TIDAK diambil, ada dugaan
oknum advertising "bermain", maksudnya: kontraknya ada namun tidak
disodorkan ke talent-nya dengan harapan si-"oknum" tersebut
mendapatkan keuntungan finansial dari perpanjangan kontrak (yang tidak
diketahui oleh talent).
Perlu diketahui sistem kontrak ada hanya 1 tahun, 2 tahun,
dan 3 tahun. Sangat jarang ada kontrak lebih dari tiga tahun. Kontrak non
packaging biasanya 1-2 tahun, klien biasanya menginginkan talent yang jadi
bintang iklannya "ekslusif" untuk produk mereka dalam jangka waktu
1-2 tahun kedepan, setelah itu akan cari wajah baru untuk bintang iklannya.
Sedangkan untuk packaging biasanya 3 tahun kontrak karena tidak memungkinkan
tiap tahun ganti packaging yang membuat tidak efisien untuk biaya pemasaran produk
klien. Sedangkan jika lebih dari 3 tahun dikhawatirkan konsumen jenuh melihat
kemasannya atau ada tambahan formula baru di produk mereka sehingga diperlukan
ganti packaging, yang artinya ganti pula talent yang menjadi model
packaging-nya.
Talent yang dikontrak untuk membintangi suatu job iklan biasanya fee yang didapat lebih besar jika dibandingkan dengan non kontrak namun akan sulit mendapatkan job lain yang sekiranya produk substantif. Sedangkan jika non kontrak akan lebih mudah mendapatkan job lain yang substantifnya sama bahkan jika kliennya suka bisa juga mendapatkan job iklan kompetitor.
Berapa idealnya nilai kontrak? Semua tergantung talent dan
negosiasinya. Jika masuk kategori artis tentu nilainya cukup fantastis apalagi
bila sang artis sedang naik daun. Nah bagi talent biasa (non artis) standarnya
(minimal) 10 juta (non produk beauty) tergantung produk yang diiklankannya,
jika produk beauty minimal 30 juta untuk satu tahun pertama. Bagaimana jika
diperpanjang ditahun selanjutnya? Biasanya, minimal 50% dari fee yang diterima
di tahun pertama.
Untuk kontrak packaging, idealnya minimal per tahun 25 juta
dan perpanjangan tiap tahunnya antara 60-80% dari fee tahun pertama (tergantung
kesepakatan negosisasi). Pembayaran fee-nya bisa dibayar langsung dimuka
(dengan asumsi diperpanjang) atau dibayarkan per tahun saat tanda tangan
kontrak perpanjangan.
Semoga ulasan singkat diatas sedikit bisa membantu memberi
gambaran tentang komitmen kontrak dalam job iklan. Untuk info lebih akurat
silahkan hubungi agency talent kepercayaan anda yang berpengalaman di
bidangnya.
Kontrak dan Non Kontrak
Reviewed by Casting Indonesia
on
13.41
Rating:
Tidak ada komentar: