Goodlooking & Cameragenic

Cameragenic
Cukup besar minat pengen terkenal lewat dunia hiburan, namun tidak semua orang memiliki penampilan/tampang yang layak untuk bisa tampil dilayar kaca, orang seperti apa sih yang bisa terjun ke dunia entertainment? Secara umum talent yg ideal itu harus Goodlooking & Cameragenic. Secara fisik "enak" dilihat dan terlihat bagus di depan camera. Cakep terlihat langsung belum tentu OK jika terlihat di depan camera; demikian juga sebaliknya, terlihat biasa aja jika ketemu langsung namun terlihat bagus saat di camera.

Di dunia iklan tidak selalu mencari talent yang tampangnya rupawan, cenderung mencari tampang yang enak dilihat dan terkesan natural. Hanya iklan-iklan produk beauty (kecantikan) atau berhubungan dengan kulit dan beberapa produk yang ingin dipersepsikan ekslusif (berkelas) yang mencari talent-talent yang rupawan. Produk beauty seperti sabun, pembersih wajah, dan shampoo, sedangkan contoh produk ekslusif misalnya rokok, kendaraan (mobil/motor) dan bank. Namun bukan berarti semua iklan (seperti) rokok, kendaraan dan bank pasti mencari talent yang rupawan tapi tergantung segmen pasar produk tersebut, sebagai contoh produk rokok; jika rokok yang diiklankan untuk segmen pasar kelas bawah tentunya menggunakan talent yang berkarakter seperti orang-orang kelas bawah (namun ingat, tetap harus goodlooking & cameragenic).

Gimana sih ciri-ciri talent yang good looking? Secara umum pernah admin tulis di artikel lain, disini
Namun secara fisik harus "normal", maksudnya?
Misal: 
  • Kepala, harus terlihat ukurannya normal seperti orang kebanyakan, tidak terkesan kepalanya terlihat besar atau malah tidak simetris (peyang).
  • Hidung, harus terlihat normal sebagaimana semestinya, tidak terlihat terlalu besar (bangir) atau malah terlalu mancung ke dalam (baca: pesek), apalagi kalo terlihat bengkok.
  • Mata, harus normal (alias tidak juling) karena merupakan titik fokus iklan ketika penontonnya melihat talent sedangkan mengiklankan produk.
  • Wajah, harus terlihat bersih (bukan berarti HARUS putih) dari jerawat atau bekasnya. Fly feces (baca: tai lalat :D ), kalo cuma satu terkadang menarik namun bisa menjadi sebaliknya posisi juga mempengaruhi apalagi kalo eek-nya banyak (emangnya septik tank :p ). Pori-pori wajah besar yang terlihat, tidak kusam (alias fresh).
  • Badan proposional, bukan berarti harus body sixpack; gemuk dan langsing sih OK. Gemuk berbeda dengan gendut/ buncit (seperti admin yg nulis artikel ini, wkwkwk... Biarin, yang penting laku, weks :p), langsing bukan berarti kurus. 
Selain secara fisik, talent yang potensial dilihat secara looks (admin agak susah menjelaskan arti kata looks yang lebih pas, namun admin yakin pembaca paham maksudnya apalagi kalo rajin baca artikel yang ditulis -- kalo belum paham, rajin-rajin baca ya... Biar bisa satu pikiran dengan admin, hehehe). 
Baca juga artikel yang membahas tentang looksdisini

Talent harus terlihat normal seperti gendernya, kalo cowok terlihat bener-bener "cowok" dan cewek bener-bener terlihat "cewek". Cowok tidak terkesan preman atau (sebaliknya) banci, sedangkan cewek walaupun style-nya tomboi namun orang yang lihat tetap tahu kalo yang bersangkutan itu aslinya cewek (bingung gak maksudnya... Xixixi).

Tidak terlihat kucel/kumuh/junkies dan tak terawat apalagi kulit belang-belang (baca: panuan) atau berjerawat, namun tetap harus terlihat bersih dan fresh.

Memiliki senyum yang bagus, BUKAN nyengir yang bagus apalagi senyumnya terkesan sinis.

Tampang cool sih oke asal gak berlebihan (kesannya malah seperti jeruk doyan jeruk, tau khan maksudnya... Hehehe).

Nah yang paling penting yaitu: tidak terlihat kampungan (admin bingung nulis kata yang tepat, namun yakin pembaca tau maksudnya -- daripada pusing mikirin kalimat yang lebih pas, ntar artikel ini gak jadi-jadi, hehe)
Talent yang bagus itu memiliki body yang proporsional, fresh, senyum yang bagus dan tidak kampungan.
Nah, bagi yang belum pernah terjun kedunia per-casting-an atau baru terjun sekali dua kali bahkan berkali-kali namun belum pernah lolos, mungkin artikel diatas bisa jadi bahan introspeksi. Tapi jangan berkecil hati, tidak semua iklan mencari looks atau karakter seperti yang admin tulis diatas, namun sekali-kali ada yang cari karakter orang yang "biasa banget" (ntar ditulis kampungan, tersinggung lagi, hehe..) Seberapa banyak casting iklan yang cari looks biasa-biasa begini? Kurang lebih 50:1 lahh (dari 50 iklan, 1 bonus buat talent yang "biasa" begini -- tapi jangan salah paham dulu walau cuma satu malah kadang fee-nya lebih besar.... Walaupun lebih sering dibawah standar >_< )  Sedangkan bagi yang sudah pernah dapat job shooting iklan 1-2 kali, jangan buru-buru berbangga hati kalo (merasa) looks-nya udah OK, mana tau iklan tersebut bonus dari yang 50 itu tadi ^^V
Goodlooking & Cameragenic Goodlooking & Cameragenic Reviewed by Budi Dwija Putra on 21.03 Rating: 5

Tidak ada komentar:

CASTING.ID. Diberdayakan oleh Blogger.