Tips Casting

Casting

Beberapa hal yang perlu diketahui saat ikut casting, diantaranya:

  1. Gunakan costum sesuai dengan yang diminta dalam info casting; jika tidak tertulis costum yang digunakan, pakailah costum casual rapi dengan warna soft (silahkan baca referensi tentang costum DISINI). Hindari menggunakan costum yang norak.
  2. Tidak menggunakan behel (atau kawat gigi); tertulis ataupun tidak, penggunaan kawat gigi tidak disukai (kecuali memang mencari talent yang menggunakan behel/kawat gigi).
  3. Tidak memiliki tato yang berlebihan/mencolok; jika memiliki tato yg kecil dan relatif tersembunyi masih dibolehkan ikut casting (bisa tertutup oleh costum yang digunakan) namun ada juga casting yang benar-benar melarang talentnya punya tato.
  4. Tidak menggunakan penutup kepala (seperti hijab/jilbab); hal ini sudah menjadi kebijakan umum tidak tertulis. Jadi, bagi kamu yang berhijab TIDAK disarankan ikut casting karena akan sia-sia saja membuang waktu dilokasi casting. 99% info casting mensyaratkan tidak menggunakan hijab/jilbab, sedangkan sisanya "mungkin" mencari yang berhijab, namun perlu diketahui biasanya yang 1% itu dari talent yang tidak berhijab kemudian diberi hijab atau kerudung.

Kendala yang sering dihadapi talent saat casting dan solusinya:

  • Pernah dapet job kompetitor, biasanya klien yang baru tidak mau calon talentnya pernah dapet job iklan dari kompetitornya.
Solusinya: Secara umum klien akan lebih memilih talent baru daripada talent yang sudah pernah dapat kompetitor walaupun sudah lebih dari setahun; bagi talent yang pernah dapat kompetitor (syarat & kondisi tertentu) disarankan datang pada hari-hari terakhir casting buka karena "peluang" lolosnya lebih besar daripada datang casting diawal waktu.

  • Casting Cari yang "Jago" berenang atau "jago" main bola. Kalo mau cari "jago" ya atlit, namun kendalanya atlit biasanya kurang goodlooking/cameragenic
Solusinya: jika cari yang bisa berenang namun si-talent tidak "jago", minimal berani masuk kolam dan sekedar bisa berenang, kemudian datang pada hari-hari terakhir casting. Jika yang dicari pemain sepak bola yang jago; bagi talent yang tidak jago, minimal bisa menyepak dan mengontrol bola, selain itu datang casting dihari-hari terakhir.

Mengapa datang dihari-hari terakhir?

Secara umum klien lebih suka talent yang akan menjadi bintang iklannya orang yang bener-bener baru, belum pernah mendapat job kompetitor karena berhubungan dengan "gengsi", namun jika sampai waktu jelang shooting talent yang dicari tidak kunjung dapat juga klien harus bersikap lebih lunak alias tidak seidealis saat awal open casting.
Demikian juga alasannya jika yang dicari adalah talent yang jago berenang atau sepak bola.

Casting dihari terakhir merupakan salah satu kunci pagi talent yang pernah dapat job competitor atau pernah dapat job yang sama. 

Bagaimana dengan pernah dapet produk merek yang sama?

Walaupun (biasanya) tidak ada larangan seorang talent boleh ikutan lagi suatu job yang sama namun tetap disarankan talent tersebut jika ingin casting datang dihari-hari terakhir, karena peluang lolosnya lebih besar daripada jika datang casting diawal waktu, bagaimanapun juga klien lebih memprioritaskan talent yang baru daripada yang pernah (kecuali permintaan/request langsung dari klien dengan menggunakan talent yang sama).
Tips Casting Tips Casting Reviewed by Budi Dwija Putra on 20.23 Rating: 5

Tidak ada komentar:

CASTING.ID. Diberdayakan oleh Blogger.